Sahabat Laut

oleh Eni Hidayati pada Lintas Isu 
Sahabat Laut

Pada tahun 2010, Komunitas Penjaga Pulau yang saya dirikan bersama dua orang teman mulai berkecimpung dalam program pendidikan lingkungan untuk konservasi terumbu karang di sekitar pantai utara kota Sumbawa. Organisasi kami percaya bahwa anak muda mampu berkontribusi positif bagi lingkungannya jika diberi pengetahuan dan keahlian yang mereka butuhkan. Oleh karena… Detil Aksi »

Penjelasan

Summary/Latar Belakang Aksi


Pada tahun 2010, Komunitas Penjaga Pulau yang saya dirikan bersama dua orang teman mulai berkecimpung dalam program pendidikan lingkungan untuk konservasi terumbu karang di sekitar pantai utara kota Sumbawa. Organisasi kami percaya bahwa anak muda mampu berkontribusi positif bagi lingkungannya jika diberi pengetahuan dan keahlian yang mereka butuhkan. Oleh karena itu misi organisasi kami adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kapasitas anak muda agar mampu berkontribusi positif terhadap lingkungannya.

 

Ada banyak cara atau metode rehabilitasi karang seperti transplantasi karang dengan berbagai media dan ada juga metode Biorock yang menggunakan listrik bertenaga rendah. Tingkat keberhasilan bergantung pada perawatan (monitoring). Sebagai organisasi swadaya, kami ingin seefektif mungkin dalam alokasi anggaran untuk rehabilitasi karang. Oleh karena itu, kami ingin mencoba metode yang cukup murah, melihat tingkat keberhasilannya, dan melihat spesies mana yang memiliki tingkat resiliensi yang tinggi terhadap peningkatan temperatur. Hal ini penting untuk kegiatan rehabilitasi karang yang akan kami lakukan mulai tahun 2014.

Tujuan Aksi


1.      Untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan anak muda dalam melakukan transplantasi karang.

2.      Untuk mengetahui tingkat keberhasilan transplantasi karang menggunakan metode beton dan metode bioreeftek.

3.      Untuk mengetahui karang apa saja yang rentan dan resilien terhadap peningkatan suhu. 


Action report

Tahap Perencanaan
Target :

Rp 500.000

20

Relawan


  Pencapaian :
Donasi
  Rp. 0
Relawan
  1 relawan
  • christofhel

    jejaring1 tahun lalu
    Ikut mendukung aksi Sahabat Laut
  • Sahabat Laut

    aksi 1 tahun lalu oleh Eni Hidayati
    Pada tahun 2010, Komunitas Penjaga Pulau yang saya dirikan bersama dua orang teman mulai berkecimpung dalam program pendidikan lingkungan untuk konservasi terumbu karang di sekitar pantai utara kota Sumbawa. Organisasi kami percaya bahwa anak muda mampu berkontribusi positif bagi lingkungannya jika diberi pengetahuan dan keahlian yang mereka butuhkan. Oleh karena… lanjut baca »
    • 0 Komentar