Pembelajaran Partisipatif "Lihat-Kaji-Terap-Latih"

oleh Sri Wahyuni pada Pendidikan 
Pembelajaran Partisipatif

Ringkasan Eksekutif Riset: Pengembangan Model Pendidikan Lingkungan Berpola Pembelajaran Partisipatif “Lihat-Kaji-Terap-Latih” pada Masyarakat Desa Transisi Pemerintah dengan konsep Pembangunan Berkelanjutan telah melakukan berbagai upaya penyelamatan lingkungan, namun kerusakan lingkungan masih menjadi hal yang memprihatinkan. Hal ini terjadi karena aspek manusia dan perilakunya belum tersentuh dan tertangani secara serius, sehingga seringkali… Detil Aksi »

Penjelasan

Summary/Latar Belakang Aksi


Ringkasan Eksekutif Riset:

Pengembangan Model Pendidikan Lingkungan Berpola Pembelajaran Partisipatif “Lihat-Kaji-Terap-Latih” pada Masyarakat Desa Transisi

Pemerintah dengan konsep Pembangunan Berkelanjutan telah melakukan berbagai upaya penyelamatan lingkungan, namun kerusakan lingkungan masih menjadi hal yang memprihatinkan. Hal ini terjadi karena aspek manusia dan perilakunya belum tersentuh dan tertangani secara serius, sehingga seringkali ditemukan perilaku-perilaku negatif manusia yang merusak lingkungan. Fenomena ini sangat kentara terlihat pada masyarakat desa transisi yang memiliki beberapa perilaku “unik dan turun menurun”. Sementara itu potensi dan media belajar yang tersebar di masyarakat belum dimanfaatkan secara maksimal untuk pembelajaran lingkungan. Keberadaan kelompok masyarakat seperti PKK, dasawisma, karangtaruna, dan majelis taklim sebenarnya merupakan media yang efektif untuk mengedukasi masyarakat. Oleh karena itu peneliti tertarik melakukan kegiatan Research & Development untuk mengembangkan sebuah model pendidikan lingkungan berpola pembelajaran partisipatif “lihat-kaji-terap-latih” bagi masyarakat desa transisi. Model ini akan didesain dengan cara menggabungkan kegiatan belajar dan berkarya dalam satu kegiatan pembelajaran sehingga diharapkan setiap anggota masyarakat akan dapat berpartisipasi aktif dalam upaya penyelamatan lingkungan. Penelitian ini akan dilakukan di sebuah desa terpilih secara purposive sampling di wilayah Kecamatan Singosari Kabupaten Malang.

Tujuan Aksi


Model pembelajaran ini diharapkan dapat mendidik masyarakat tentang lingkungan sehingga dapat meningkatkan peran serta mereka dalam upaya penyelamatan lingkungan


Action report

Tahap Perencanaan
Target :

Rp 0

0

Relawan


  Pencapaian :
Donasi
  Rp. 0
Relawan
  0 relawan
  • Pembelajaran Partisipatif "Lihat-Kaji-Terap-Latih"

    aksi 2 tahun lalu oleh Sri Wahyuni
    Ringkasan Eksekutif Riset: Pengembangan Model Pendidikan Lingkungan Berpola Pembelajaran Partisipatif “Lihat-Kaji-Terap-Latih” pada Masyarakat Desa Transisi Pemerintah dengan konsep Pembangunan Berkelanjutan telah melakukan berbagai upaya penyelamatan lingkungan, namun kerusakan lingkungan masih menjadi hal yang memprihatinkan. Hal ini terjadi karena aspek manusia dan perilakunya belum tersentuh dan tertangani secara serius, sehingga seringkali… lanjut baca »
    • 0 Komentar