Ngobrol Dengan Bumi

ditulis pada 03 March 2012, 00:26:59

"Pagi yang indah. Kamu memang begitu indah ya Bumi. Terspesial dengan negara ku ini. Hhaaha..." ucapku sambil menghirup udara segar pagi di tempatku.
"Iya. Tapi itu percuma saja..." ucap bumi dengan muka sedih.
"Kenapa???" tanyaku spontan.
"Kamu enak menghirup udara segar. Banyak teman kamu ditempat lain yang tidak dapat menghirup udara segar seperti yang kamu dapat sekarang ini" jawabnya.
Aku terdiam sejenak. Ternyata benar ya, ada begitu banyak teman kita yang tidak mendapatkan seperti yang kita dapat.
"Untuk teman kita yang ada di Afrika atau di tempat bersalju, wajar tidak dapat merasakan yang kamu rasakan sekarang. Bagaimana dengan teman kamu yang sekarang tinggal dengan kecukupan lingkungan disekitarmu???" serunya langsung.
"Mereka tidak dapat merasakan apa yang kamu dapat sekarang ini karena pihak yang tidak bertanggung jawab. Mereka menebang pohon sesukanya. Tidak menghargai apa yang telah didapat. Terlalu rakus. Sebenarnya, mereka bisa mengambil sedikit demi sedikit. Sehingga benih pohon baru dapat tumbuh, dan mengganti peran pohon yang telah ditebang. Kasihan mereka yang seharusnya dapat udara segar sepertimu, sekarang tidak dapat merasakannya lagi. Andai manusia yang tak bertanggung jawab itu berubah, dan mengganti apa yang dilakukannya dengan penanaman kembali (reboisasi). Jadi, teman mu dapat menghirup udara segar." tambahnya dengan kalimat yang begitu panjang dan menyentuh hatiku, semoga ini juga dapat menyentuh hati para pembaca.
"Iya ya. Semoga saja ya Tuhan."  :) 

Diskusi [2]

Diskusikan konten ini bersama para sobat bumi. Komentar, pertanyaan, masukan, maupun sanggahan dapat ditulis di form Diskusi berikut. close

apakah ada tindakan langsung???

0 diskusi,  0 tidak suka
Michael Amin Manalu
3 tahun lalu

Ada. Kita tidak boleh beranggapan tanggung jawab kerusakan itu bertumpu pada orang yang tidak bertanggung jawab. Kita harus mau turun tangan dalam menanggulangi kerusakannya.

0 diskusi,  0 tidak suka

Tulis Diskusi

Untuk berdiskusi, silahkan login terlebih dahulu