Integrasi Peran Kearifan Lokal Masyarakat Desa Colo dalam Pembelajaran di Sekolah sebagai Usaha Konservasi Lingkungan (Ringkasan Eksekutif)

ditulis pada 21 March 2013, 00:52:08

Kerusakan hutan Gunung Muria menyebabkan bencana alam, penurunan keanekaragaman hayati, berkurangnya pasokan air dan fungsi ekologis lain sehingga mengurangi nilai manfaat ekonomi kekayaan hayati. Diperlukan konservasi dan pembenahan hutan secara komprehensif untuk mengurangi risiko bencana selanjutnya. Upaya konservasi membutuhkan waktu lama, oleh karena itu perlu diimbangi dengan upaya penting lain yaitu meningkatkan kesadaran ekologi melalui teladan kearifan lokal masyarakat Desa Colo dalam konservasi lingkungan. Masyarakat menganut prinsip ’mengambil secukupnya dan memilih’, pengertiannya mengambil sumber daya alam sesuai kebutuhan dan memilih tanaman mana yang harus diambil dengan memperhatikan pola perkembangbiakan tumbuhan. Gunung Muria juga menyimpan keanekaragaman hayati khas yang harus dijaga, sehingga kearifan lokal memegang peran penting dalam kelestarian potensi alam di Kudus.

Upaya menyebarluaskan kearifan lokal dapat dilaksanakan melalui pembelajaran di sekolah pada mata pelajaran biologi. Pembelajaran di sekolah dengan menyusun modul peran kearifan lokal yang disisipi nilai karakter bangsa meliputi bersyukur, peduli, bijaksana, disiplin, bersyukur dan bertanggung jawab menjaga lingkungan. Penelitian ini diharapkan bermanfaat untuk meningkatkan kesadaran lingkungan melalui pembelajaran di sekolah. Penelitian ini diawali dengan wawancara, observasi dan dokumentasi mengenai peran kearifan lokal masyarakat Desa Colo dalam konservasi lingkungan yang dianalisis secara deskriptif kualitatif. Selanjutnya tahap kedua penelitian pengembangan dengan menyusun modul pembelajaran yang diintegrasikan dalam materi keanekaragaman hayati dengan pendidikan karakter. Modul dapat digunakan sebagai bahan ajar SMA di Kudus sebagai peningkatan kesadaran peserta didik dalam konservasi lingkungan.

Diskusi [3]

Diskusikan konten ini bersama para sobat bumi. Komentar, pertanyaan, masukan, maupun sanggahan dapat ditulis di form Diskusi berikut. close
SELVI ARIYUNITA
1 tahun lalu

Luar Biasa... inspiring....!

1 diskusi,  0 tidak suka
  • Kistantia Elok Mumpuni terima kasih. satu hal yang sering dilupakan dalam pembelajaran adalah 'membangun' karakter perserta didik. belajar tidak hanya baik untuk menguasai pengetahuan, tapi juga harus ada tindakan dan sikap yang baik pula. potensi-potensi yang kita miliki harus dijaga dan dimanfaatkan dengan arif.

    1 tahun lalu
siti hamidatul 'aliyah
1 tahun lalu

menarik

0 diskusi,  0 tidak suka
Kistantia Elok Mumpuni
1 tahun lalu

terima kasih. satu hal yang sering dilupakan dalam pembelajaran adalah 'membangun' karakter perserta didik. belajar tidak hanya baik untuk menguasai pengetahuan, tapi juga harus ada tindakan dan sikap yang baik pula. potensi-potensi yang kita miliki harus dijaga dan dimanfaatkan dengan arif.

0 diskusi,  0 tidak suka

Tulis Diskusi

Untuk berdiskusi, silahkan login terlebih dahulu