Pemanfaatan Rumput Laut (Gracilaria Sp.) Sebagai Agen Biofiltrasi Bahan Organik Di Perairan Tambak Ikan Bandeng Dan Pengaruhnya Terhadap Produksi

ditulis pada 22 March 2013, 16:53:04

Kawasan pertambakan secara ekologi termasuk ke dalam ekosistem peralihan laut, sehingga disebut juga sebagai daerah peralihan atau ekoton. Di ekosistem peralihan inilah berkembang kegiatan budidaya tambak dari sistem tradisional, semi intensif, maupun intensif. Dengan berkembangnya pembangunan, ekosistem tambak yang merupakan bagian dari perairan payau dan perairan pantai sangat berpeluang menjadi tempat penumpukan limbah yang berasal dari kegiatan sepanjang pantai dan kegiatan yang berasal dari sebelah hulu.
Dengan demikian akan semakin berat tekanan terhadap lingkungan pertambakan, karena di satu sisi kebutuhan air tambak yang berkualitas dipasok dari air laut dan sungai yang sudah banyak mengalami penurunan kualitas, padahal tambak sendiri secara internal menghasilkan limbah organik yang tinggi yang dapat berakibat buruk terhadap lingkungan tambak budidaya. Sedangkan pada kenyataannya lahan tambak khususnya di pantai Utara pulau Jawa sudah sulit dikembangkan, kecuali dilakukan rehabilitasi atau pemulihan kualitas pertambakan yang sudah ada belakangan ini. Seperti diketahui bahwa kegiatan budidaya perikanan tambak ikan Nila, Bandeng dan Udang akan menimbulkan sejumlah besar limbah nitrogen (N) dan posfor (P).
Untuk itu, riset ini dilakukan dengan mengintegrasikan kegiatan budidaya rumput laut Gracilaria sp. dalam kegiatan budidaya tambak ikan Bandeng dengan tujuan memperbaiki kualitas air tambak dari polusi bahan organik yang berasal dari sisa pakan yang terakumulasi di dasar tambak. Gracilaria sp. dipilih karena kemampuannya untuk mengabsorbsi dan memanfaatkan nitrogen dan posfor yang merupakan bahan pencemar bagi lingkungan. Alasan lain pemanfaatan rumput laut jenis ini adalah karena kemudahan dalam penanaman dan kemampuan adaptasi terhadap lingkungan yang cukup baik.

Diskusi [0]

Diskusikan konten ini bersama para sobat bumi. Komentar, pertanyaan, masukan, maupun sanggahan dapat ditulis di form Diskusi berikut. close

Tulis Diskusi

Untuk berdiskusi, silahkan login terlebih dahulu