Ringkasan Eksekutif : Pengelolaan Perikanan Tangkap Berkelanjutan. Kajian Ekologi, Biologi, dan Ekonomi (Bioekonomi) Perikanan Mini Purse Seine

ditulis pada 25 March 2013, 02:32:12

Tingginya permintaan ikan laut, nilai ekonomis, dan penyebaran sumberdaya ikan pelagis di suatu daerah menyebabkan ekstraksi terhadap sumberdaya perikanan pelagis semakin meningkat. Ekstraksi yang besar dengan menggunakan Mini Purse Seine yang merupakan alat tangkap efektif menangkap ikan pelagis dalam jumlah banyak namun masuk kedalam kategori kurang ramah lingkungan (Irhamni, 2009), karena memiliki selektivitas yang rendah dan hasil tangkapan sampingan yang banyak akan berdampak pada berkurangnya sumberdaya ikan pelagis kecil di suatu daerah menyebabkan perlu adanya pengelolaan yang tepat terhadap sumberdaya ikan pelagis kecil menuju sumberdaya yang berkelanjutan.
Pengelolaan perikanan tangkap berkelanjutan harus memperhatikan berbagai aspek seperti aspek ekologi, aspek ekonomi keberlanjutan usaha penangkapan dan aspek biologi dari sumberdaya ikan itu sendiri. Analisis bioekonomi merupakan jawaban yang tepat untuk melihat keberlanjutan suatu sumberdaya dari aspek biologi dan ekonomi, sehingga dapat diketahui apakah suatu sumberdaya dalam keadaan tereksploitasi rendah, eksploitasi tinggi, ataupun sumberdaya dalam keadaan berkelanjutan. Model bioekonomi juga dapat menggambarkan dan memberikan jawaban mengenai bagaimana seharusnya suatu sumberdaya diekstraksi dan bagaimana pengusahaan yang berkelanjutan secara biologi dan ekonomi melalui analisis data time series.
Ekstraksi yang besar terhadap suatu sumberdaya juga akan berdampak pada kondisi ekologis sumberdaya tersebut, sehingga dalam pengelolaan perikanan tangkap aspek ekologi juga harus diperhatikan. Aspek ekologi dapat dilihat dari jumlah dan jenis hasil tangkapan. Parameter yang dapat menggambarkan kondisi ekologi diantaranya tingkat trofik, indeks keanekaragaman, hubungan panjang dan berat ikan serta perbandingan panjang ikan pertama kali tertangkap dan panjang ikan pertama kali matang gonad. Pengelolaan perikanan berbasis aspek ekologi, biologi dan ekonomi diharapkan dapat dijadikan acuan dalam pengelolaan perikanan tangkap yang berkelanjutan.

Diskusi [0]

Diskusikan konten ini bersama para sobat bumi. Komentar, pertanyaan, masukan, maupun sanggahan dapat ditulis di form Diskusi berikut. close

Tulis Diskusi

Untuk berdiskusi, silahkan login terlebih dahulu